Minggu, 06 Oktober 2013

PNPM Desa Harjokuncaran

Kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa Harjokuncaran banyak jenisnya dan banyak pula manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat dan di berbagai lini kehidupan mereka. Termasuk yang terbesar diantaranya adalah Program Mandiri Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas yang dimulai sejak 2008 lalu. 


Melalui PNPM Mandiri Perdesaan, masyarakat desa Harjokuncaran beserta pemerintah desa bergotong royong membangun fasilitas-fasilitas yang dirasa vital bagi laju perekonomian dan pendidikan desa Harjokuncaran, antara lain jalan rabat beton di 4 RT yang tersebar di 2 dusun Krajan dan Mulyosari, pembangunan sarana MCK di dusun Mulyosari sebagai upaya pemanfaatan sumber air yang berlimpah, dan TPT/plengseng di dusun Krajan. 

PNPM Generasi Sehat dan Cerdas sendiri memberikan kontribusi yang tak kalah luar biasa. Program yang direncanakan, diajukan, dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan sendiri oleh masyarakat ini mampu dilaksanakan dengan sangat baik oleh para pelaku PNPM GSC desa Harjokuncaran. Kegiatan yang sudah dan masih dilaksanakan antara lain pembangunan Polindes di dusun Mulyosari, pelatihan pengembangan kader dan fasilitas Posyandu termasuk di dalamnya adalah pemberian aneka makanan pendamping bagi bayi dan balita, pengembangan pendidikan melalui beasiswa bagi siswa kurang mampu, dan lain-lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar